in

Klasifikasi Dan Morfologi Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman berduri yang dapat tumbuh dengan baik walaupun kekurangan air dan dapat tumbuh dalam kurun waktu yang lama. Banyak dijumpai di daerah tandus, kering dan yang disekitarnya tidak banyak air seperti daerah gurun yang kering. Kaktus memiliki akar yang sangat panjang dan mampu menyebar luas untuk menyerap air di sekitarnya. Daun pada kaktus akan berubah menjadi duri yang tajam, yang dapat mengurangi penguapan air yang biasanya melewati daun. Karena hal inilah kaktus bisa bertahan hidup walaupun kekurangan air ataupun tanpa air.

Tanaman kaktus berasal dari benua Amerika. Tanaman kaktus terkenal sebagai tanaman gurun, karena memiliki cara yang unik untuk beradaptasi terhadap kekeringan. Namun pada kenyataannya hanya seperempat dari keseluruhan total spesies kaktus yang hidup di daerah gurun dan sisanya hidup di daerah semi gurun, padang rumput dan hutan meranggas atau hutan padang rumput. Tanaman kaktus juga bisa hidup dan berkembang di daerah beriklim tropis atau subtropis.

Klasifikasi Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus mempunyai nama ilmiah yaitu Cactaceae Juss. Tanaman kaktus sendiri mempunyai 100 genus dan 1.000 – 2.000 spesies. Untuk klasifikasi tanaman kaktus adalah sebagai berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Subdivisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllanae
  • Famili : Cactaceae Juss
Klasifikasi Dan Morfologi Kaktus
Tanaman Kaktus

Morfologi Tanaman Kaktus

  1. Akar

berakar tunggang, bercabang dan memiliki serabut. Tetapi ada beberapa akar yang bersifat epifit (menempel dari tanaman satu ke tanaman yang lainnya). Akar kaktus memiliki panjang mencapai 6-10 meter bahkan lebih dan dapat menyebar luar agar tanaman dapat menyerap air yang ada disekitarnya atau di dalam tanah. Inilah kenapa kaktus merupakan tanaman yang tahan terhadap kekeringan.

  1. Batang

Kaktus mempunyai batang yang bersifat sukulen, artinya batang mempunyai kandungan air yang banyak. Selain itu, air yang disimpan di dalam batang berbentuk lendir dan tidak menguap. Batang kaktus berwarna hijau muda dan berlapis lilin. Lapisan lilin berfungsi untuk mengurangi penguapan. Bentuk batang ini bulat silindris dengan ukuran yang bervariasi. Permukaan batang pada tanaman kaktus mempunyai lekukan yang berbentuk cembung yang berfungsi sebagi tempat melekatnya duri-duri. Duri-duri tersebut berfungsi sebagai pelindung terhadap hewan jenis herbivora.

  1. Daun

Tanaman kaktus tidak memiliki daun, sehingga untuk proses fotosintesis dilakukan pada bagian batang. Kaktus membuka stomata atau mulut daun pada malam hari disaat cuaca lebih dingin daripada siang hari. Padamalamhari, tanaman ini mengambil Co2 dari lingkungan di sekitar kemudian menyimpannya pada vakuola untuk digunakan melakukan proses fotosintesis pada siang hari.

  1. Bunga

Berbentuk corong dengan ukuran dan bentuk yang sangat bervariasi. Keberagaman ini tergantung dengan varietas dari tanaman kaktus itu sendiri. Memiliki warna merah, kuning dan juga keorangean. Bunga kaktus akan bermekaran pada malam hari dan pada siang hari akan mengeluarkan bau yang khas. Warna mahkota bunga pada kaktus bermacam-macam.

  1. Buah dan biji.

Tanaman kaktus memiliki buah yang berbentuk bulat memanjang atau lonjong dan memiliki daging yang tebal. Buah kaktus juga bergerombol di bagian pangkal ujung batang yang ditutupi duri tajam. Buah yang dihasilkan mencapai 100-200 buah pertanaman kaktus.

Biji yang dihasilkan tanaman kaktus berbentuk kecil, berkulit tipis dan juga keras. Selain itu juga memiliki permukaan yang mengkilap dan berwarna kecoklatan hingga kehitaman.

Demikian penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi kaktus. Semoga bermanfaat…

10 Kendaraan Miniatur Terbuat Dari Kaleng Daur Ulang

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo