Mengapa hewan ikan, sapi, katak, ayam, ular diletakkan pada filum yang sama

Klasifikasi Makhluk Hidup Filum Yang Sama

Ceritayuk.com – Hari ini kita akan membahas seputar Pelajarn IPA Kelas VII semester 1. Pertanyaan atau bahasan kita kali ini adalah, Mengapa hewan ikan, sapi, katak, ayam, ular diletakkan pada filum yang sama, tetapi tingkatan spesies tidak sama ?

Jawaban terbaik dari beberapa sumber adalah Karena urutan takson itu semakin kebawah perbedaan nya semakin sedikit. Sedangkan spesies tentu saja tidak sama, karna setiap hewan pasti spesies nya berbeda kecuali jika ia hewan yg sejenis.

Nah, untuk lebih memahami tentang pertanyaan dan maksud jawaban tersebut, mari kita bahas tentang Klasifikasi Tumbuhan dan Klasifikasi Hewan sebagai berikut:

Tumbuhan dibedakan menjadi beberapa klasifikasi sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Classis : Monocotyledoneae
Ordo : Graminales
Familia : Gramineae
Genus : Zea Species : Zea mays (Jagung)

Sedangkan Hewan, klasifikasinya adalah sebagai berikut:
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Classis : Mammalia
Ordo : Carnivora
Familia : Canidae
Genus : Canis
Spesies : Canis familiaris (anjing)

Sejarah Pengklasifikasian Makhluk Hidup

Hingga dewasa ini yang menjadi dasar Taksonomi Modern adalah hasil penelitian dari Carollus Linnaeus (1707-1778) yang merupakan seorang ilmuwan Swedia yang meneliti tentang tata cara penamaan dan identifikasi organisme (Systema Naturae).

Padahal jauh sebelum itu, Ibn Al-Baytar (1190-1248), seorang farmakolog pada abad ke-13 telah lebih dulu mengklasifikasikan hewan. Selain itu, Al-Baytar juga ahli dalam bidang botani, dan obat-obatan.

Apa yang diberikan Al-Baytar tersebut merupakan hasil observasi, penelitian serta pengklasifikasian yang telah dilakukan selama bertahun- tahun. Karyanya tersebut sangat mempengaruhi perkembangan ilmu botani dan kedokteran baik di Eropa maupun Asia. Meski karyanya yang lain yakni buku Al-Jami baru diterjemahkan dan dipublikasikan ke dalam bahasa asing, namun banyak ilmuwan telah lama mempelajari bahasan-bahasan dalam buku tersebut dan memanfaatkannya bagi kepentingan umat manusia.

Mengapa makhluk hidup perlu adanya pengklasifikasian? Alasannya adalah untuk mempermudah dalam mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Nah, makhluk hidup diklasifikasi berdasarkan:

  1. Persamaan dan perbedaan
  2. Ciri bentuk tubuh (morfologi) dan alat dalam tubuh ( anatomi).
  3. Manfaat, ukuran, tempat hidup, cara hidup.

Takson merupakan urutan klasifikasi makhluk hidup,mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah, yaitu:

  1. Kingdom (dunia),
  2. phyllum (untuk hewan) atau divisio (untuk tumbuhan),
  3. Class (kelas),
  4. ordo (bangsa),
  5. family (suku),
  6. genus (marga),
  7. dan species (jenis)

Kunci determinasi merupakan kunci yang dipergunakan untuk menentukan filum atau divisi, kelas, ordo, famili, genus, atau spesies. Dasar yang dipergunakan adalah identifikasi dari makhluk hidup dengan menggunakan kunci dikotom. Jadi jelas kan Mengapa hewan ikan, sapi, katak, ayam, ular diletakkan pada filum yang sama ?

imagesource :rizkiaulia15.blogspot.co.id/

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • mengapa hewan ikan sapi katak ayam ular diletakkan pada filum yang sama tetapi tingkatan spesies tidak sama ?jelaskan!
  • mengapa hewan ikan sapi katak ayam ular diletakkan pada filum yang sama tetapi tingkatan spesies tidak sama?jelaskan!
  • mengapa ikan sapi katak ayam dan ular diletakkan pada fhylum yang sama tetapi tingkatan tingkatan spesies tidak sama