Contoh Sikap Empati dan Simpati

Perbedaan Sikap Empati dan Simpati

Ceritayuk.com, Sikap Empati dan Simpati – Hai sahabat ceritayuk, kali ini kita akan memberikan beberapa Contoh Sikap Empati dan Simpati. Namun sebelum itu tahukah kalian bahwa Empati dan Simpati itu adalah suatu sikap yang berbeda. Kita perlu berikan pengertian dari keduanya untuk tahu Perbedaan Empati dan Simpati.

Pengertian Empati dan Simpati

Empati merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti Ketertarikan Fisik. Kemudia istilah Empati didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengenali, mempresepsi, dan merasakan perasaan yang dimilik oleh orang lain.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, empati adalah suatu kondisi mental seseorang dimana seseorang tersebut bisa merasakan atau mengidentifikasi dirinya dalam keadaan emosional, perasaan dan juga pemikiran yang serupa dengan orang atau kelompok lain.

Sedangkan definisi dari Simpati adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami proses kejiwaan berupa ketertarikan terhadap seseorang maupun sekelompok orang yang didasari oleh beberapa hal seperi sikap, wibawa, penampilan, maupun perbuatan serupa lainnya.

Contoh Sikap Empati dan Simpati

Berikut beberapa contoh dari sikap empati

  1. Ketika kita mendengar saudara-saudar kita diluarsana mengalami musibah, maka masyarakat baik yang dekat maupun berada di luar daerah akan berbondog-bndong memberikan bantuan baik yang berbentuk materi maupun tenaga untuk evakuasi.
  2. Menolong orang sakit. Seseorang yang lemah hingga sakit, sangat membutuhkan keberadaan orang lain. Kita akan terasa sangat berharga keberadaan dan fungsi kita di saat orang lain sangat membutuhkan. Bahkan di agama diajarkan menjenguk orang sakit akan mendapatkan pahala yang banyak, juga termasuk merawat jenazah.
  3. Mencintai lingkungan dan alam. Lingkungan dan alam diciptakan Allah untuk kepentingan manusia, maka menjadi kewajiban kita untuk menjaganya. Bila hutan itu aman maka kita akan terhindar dari banjir, cuaca panas, dan kekurangan makanan dan buah-buahan. Bila sungai bersih maka kita akan mudah untuk mandi, masak, cuci, bepergian dengan naik transportasi air, dan sebagainya.
  4. Mengajarkan ilmu. Bila kita dengan ilmu yang belum banyak, namun mau mengajarkan bahkan mampu membuat orang lain menjadi pandai, pintar, bahkan mandiri, maka sesungguhnya ilmu itu akan menjadi amalan jariyah yang tidak akan putus amalannya walaupun kita sudah meninggal.
  5. Menghormati orang tua. Kita ada di dunia ini karena peran orang tua sangat besar. Menghormati orang yang lebih tua sama saja menghormati ayah dan ibu kita sendiri.

Contoh Perbuatan Simpati adalah sebagai berikut:

  1. Ketika seseorang pria merasa melihat seorang wanita yang memiliki penampilan dan sikap yang baik dan membuatnya tertarik, maka saat itulah disebut perasaan simpati itu muncul.
  2. Ketika kita mendengar kabar duka misalnya ada keluarga dari teman kita yang meninggal maka kita spontan akan mengucapkan rasa bela sungkawa kepada teman kita tersebut

Demikianlah contoh sikap empati dan simpati serta contoh perbuatan Empati dan Simpati yang bisa kita pelajari kali ini. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • contoh simpati
  • contoh empati
  • contoh sikap empati
  • Contoh simpati dan empati
  • contoh faktor simpati
  • contoh sikap empati di sekolah
  • contoh perilaku simpati
  • contoh perilaku empati
  • cerita simapati
  • contoh empati dan simpatu