Jelaskan Proses Pernapasan Pada Ikan

Organ Pernapasan Pada Ikan

Proses Pernapasan Pada Ikan Selamat sore sahabat ceritayuk, sore ini kita akan membahas mengenai Proses Pernapasan Pada Ikan. Perlu kalian ketahui bahwa proses pernapasan Ikan terjadi dalam dua fase, yaitu fase inspirasi dan fase ekspirasi.

Masing-masing fase memiliki alur yang berbeda dan terjadi pada bagian tubuh ikan yang berbeda pula. Adanya dua fase ini memungkinkan beberapa jenis Ikan memiliki kemampuan menyimpan cadangan Oksigen untuk digunakan ketika terjadi suasana minim Oksigen.

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi Singkat

Berikut ini penjelasan dari masing-masing fase dalam Proses Pernapasan Ikan:

a. Inspirasi

Berikut proses pernapasan pada ikan untuk fase Inspirasi:

Tekanan udara rongga mulut lebih kecil dibanding tekanan udara di air – air masuk ke rongga mulut – rongga mulut tertutup – udara masuk insang melalui difusi – operkulum terbuka – air mengalir melalui celah insang, menyentuh filamen – Oksigen diikat kapiler darah – disebarkan ke jaringan-jaringan tubuh.

b. Ekspirasi

Dan berikut ini Proses Pernapasan Untuk Fase Ekspirasi :

Karbondioksida dibawa dari jaringan tubuh – menuju insang – dikeluarkan dari tubuh.
Beberapa jenis ikan (misalnya ikan gabus dan lele) memiliki labirin berupa rongga-rongga tidak beraturan yang merupakan perluasan ke atas dari insang yang membentuk lipatan-lipatan. Labirin ini berfungsi untuk menyimpan cadangan Oksigen sehingga ikan dapat bertahan pada kondisi minim Oksigen. Alat lain yang digunakan untuk menyimpan cadangan Oksigen adalah gelembung renang, yang letaknya di dekat punggung.

Proses Pernapasan Pada Ikan

 

Imagesource: de-fairest.blogspot.co.id

Incoming Search:

sistem pernapasan pada cacing
sistem pernapasan pada katak
alat pernapasan ikan hiu
alat pernapasan ikan paus
makalah sistem pernapasan pada ikan
organ pernapasan ikan dan fungsinya
serangga bernapas dengan menggunakan

Facebook Comments