in

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Biji

Jambu biji salah satu tanaman yang populer dan sangat dikenal oleh masyakat luas. Tanaman ini sendiri berasal dari daerah tropis. Tanaman jambu biji sendiri memili 150 spesies yang menyebar diberbagai daerah tropis, banyak jenis dari jambu biji ini yang banyak ditemukan diberbagai daerah manapun.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Biji
Tanaman Jambu Biji

Klasifikasi dari tanaman jambu biji

  • Kingdom : Plantae ( tumbuhan)
  • Sub Kingdom             : Tracheobionta ( tumbuhan berpembulu)
  • Super divisi : Spermatopyta ( menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua atau dikotil)
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo            : Myrtales
  • Famili             : Myrtaceae (Suku jambu-jambuan)
  • Genus             : Psidium
  • Spesies : Psidium guajava L
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Jambu Biji
Tanaman Jambu Biji

Morfologi tumbuhan jambu biji

  1. Akar

Berakar tunggang yang bercabang dan berbentuk kerucup atau meruncing dan panjang. Tumbuh lurus ke dalam tanah, bercabang banyak dan berwarna kecoklatan muda hingga tua. Akar tanaman pada tumbuhan jambu berfungsi agar tanaman jauh lebih kuat, selain itu juga membantu penyerapan unsur air dan zat makanan lain yang berada di dalam tanah.

Batangnya keras, memanjang dan memiliki permukaan halus dan licin. Terlihat lepasnya kerak pada batang. Perbatangan pada tanaman jambu biji berbentuk bulat dengan diameter mencapai 10-20 cm bahkan ada yang lebih. Selain itu batangnya juga kuat dengan panjang mencapai 10-20 cm bahkan lebih tergantung dari varietasnya. Memiliki ruas pendek dilengkapi dengan banyak percabangan yang ada di batang tanaman baju biji.

  1. Daun

Berbentuk oval dengan warna kehijaun muda hingga tua. Pada bagian tepi merata yang berdiameter 2-3 cm. Daun pada tanaman jambu biji dilengkapi dengan adanya pertulangan daun yang berkisar 5-10 dalam satu daun. Daun pada tanaman jambu biji hanya terdiri dari tangkai dan helaian saja sehingga merupakan daun yang tidak lengkap. Hal ini biasa dikenal dengan sebutan daun tungkai. Daun berfungsi untuk melakukan fotosintesis.

  1. Bunga

Berwarna putih, kemerahan. Terdiri dari dua mahkota yang terdiri dari 4-5 daun berkelopak dengan jumlah mahkota yang sama. Daun mahkota pada tumbuhan jambu biji saling berhadapan dan dilengkapi dengan tangkai sari dengan warna yang cerah. Bunga jambu ini dapat berbunga dan menjadi bakal buah dengan penyerbukan yang dibantu dengan angin atau hewan (serangga).

  1. Buah dan Biji

Buah dan biji pada tumbuhan jambu biji berbentuk bulat memanjang dengan sedikit oval dengan warna hijau hingga kekuningan. Termasuk buah tunggal (terjadi dari satu bunga dengan satu bakal buah dan memiliki lebih dari satu jambu biji). Tanaman jambu biji termasuk dalam buah sejati tunggal yang mempunyai daging dan bentuknya bulat. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya. Buahnya berdaging tebal dengan warna putih dan dilengkapi dengan biji berwarna putih bersih, dalam satu buah terdapat biji yang banyak sekitar 50-100 biji.

Kandungan kimia yang terkandung dalam tanaman jambu biji.

Buah, daun dan kulit batang pada tanaman jambu biji mengandung tannin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kartogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Untuk kandungan buah jambu biji adalah kalori, vitamin A, vitamin B1, Vitamin C, kalsium, hidrat arang, fosfor, besi, protein, lemak dan air.

Demikian penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman jambu biji. Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

Klasifikasi Dan Morfologi Anggrek

Klasifikasi Dan Morfologi Anggrek

4 Fakta Miris Peserta Tes CPNS 2018

4 Fakta Miris Peserta Tes CPNS 2018, Bawa Jimat di Bra Hingga Celana Dalam