in

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja – Meskipun bernama kamboja tetapi tanaman ini bukan berasal dari negara Kamboja. Tanaman kamboja dikenal dengan nama latin Plumeria. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Afrika. Nama Plumeria diambil dari nama seorang ahli botani Perancis yang pertama kali menemukannya yaitu Charles Plumier (1646-1706). Meskipun demikian, tanaman kamboja banyak tumbuh di indonesia. Tanaman ini terutama banyak kita temukan di pulau Bali. Selain itu, di daerah lain tanaman kamboja banyak kita jumpai sebagai peneduh dipemakaman.

Tanaman ini masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Portugis dan Belanda. Sifat tanaman ini mudah tumbuh di berbagai daerah dengan ketinggian tidak lebih dari 700 m dpl. Pada saat ini terdapat jenis kamboja yang menjadi salah satu jenis tanaman hias digemari, jenis kamboja jepang.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Kamboja
Tanaman Kamboja

Secara umum, tanaman kamboja berbentuk pohon dengan tinggi sekitar 1,5 sampai 6 m dengan berbagai macam warna bunga, ada yang merah, putih, kuning, tergantung jenis kamboja yang ditanam. Klasifikasi dan morfologi tanaman kamboja adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman

Kamboja

 

Klasifikasi Tanaman Kamboja

Kingdom        : Plantae

Subkingdom  : Tracheobionta

Super Divisi   : Spermatophyta

Divisi             : Magnliphyta

Kelas             : Magnoliopsida

Ordo              : Gentilanales

Famili            : Apocynacecae

Genus           : Plumeria

Spesies         : Plumeria acumnita Ait, Plumeria rubra

 

Morfologi Tanaman Kamboja

Terdapat beberapa jenis dan varietes tanaman kamboja yang biasanya ditandai dengan adanya perbedaan warna bunga. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik di berbagai tempat dan tidak mempunyai persyaratan iklim tertentu untuk berkembang biak. Sehingga tanaman ini dapat tumbuh pada daerah yang beriklim subtropis maupun tropis. Tanaman kamboja memiliki pertumbuhan cepat dan juga menghasilkan bunga  yang sangat banyak. Secara umum, morfologi tanaman kamboja yaitu sebagai berikut:

1.    Batang

Tanaman kamboja berpohon (perdu) dengan tinggi bisa mencapai 3 – 7 meter (tergantung varietas yang ditanam) dan mengandung getah. Tanaman ini memiliki batang yang keras/ berkayu, berbentuk bulat memanjang, memiliki banyak cabang, bekas dudukan daun terlihat dengan jelas, serta berwarna putih kehijauan. Tanaman ini memiliki pertumbuhan cepat dan tahan terhadap hama dan penyakit yang menyerang.

2.    Daun

Daun kamboja merupakan jenis daun tunggal dengan panjang sekitar 10-25 cm, bagian pangkal runcing, tepi daun rata, daun tebal dan berbentuk lonjong. Daun tanaman ini berwarna hijau muda dan tua. Daun tanaman ini memerlukan cahaya matahari yang cukup untuk memasak, menyimpan serta membuat cadangan makanan yang baru.

3.    Bunga

Tanaman kamboja memiliki bunga yang majemuk, malai rata, kepolak berbentuk corong, dengan mahkota bunga terdiri empat bagian dan juga memiliki warna yang sangat bervariasi dari putih, kemerahan, bahkan campuran. Bunga tanaman ini terletak pada bagian ketiak tanaman. Proses penyerbukaan bunga kamboja dibantu dengan angin serta binatang lainnya  yang ada di sekitarnya, misalnya lebah.

4.    Buah Dan Biji

Buah pada tanaman ini berbentuk lonjong dan berwarna kehijauan. Apabila sudah tua bunga akan berwarna kehitaman. Buah tanaman kamboja memiliki panjang 18-20 cm dengan lebar 1-2 cm bahkan lebih. Sedangkan biji berbentuk bulat, memiliki sayap, dan putih kotor.

5.    Akar

Tanaman kamboja memiliki akar tunggang, bercabang, berwarna kecoklatan muda hingga tua. Sebagaimana fungsi akar pada umumnya, akar tanaman ini berfungi untuk menyerap mineral dan unsur air yang ada di dalam tanah hingga kedalaman 1,5-2 meter tergantung dengan pertumbuhan tanaman.

Demikian penjelasan mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman kamboja. Di samping sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga bernilai ekonomis. Dengan membaca tulisan di atas, semoga memberikan manfaat bagi penggemar tanaman hias maupun bagi Anda yang berniat membudidayakannya.

 

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Melinjo

85.000 Balita di Yaman Tewas Karena Kekurangan Gizi

85.000 Balita di Yaman Meninggal, Berikut Ini Penyebabnya!