Klasifikasi Komodo Dari Kingdom Sampai Spesies

Klasifikasi Komodo

Klasifikasi Komodo – Salah satu sumber daya alam Indonesia yang menjadi pusat perhatian Dunia adalah Komodo. Komodo menjadi spesies kadal terbesar di dunia yang hanya ada di Indonesia tepatnya di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara.

Komodo yang lebih lengkapnya disebut Biawak Komodo memiliki nama Ilmiah Varanus Komodoensis. Namun penduduk asli disekitar habitatnya, biawak komodo sering disebut dengan astilah Setempat Ora. Kadal raksasa dengan rata-rata panjang 2-3 meter ini menduduki predator puncak yang mendominasi di ekosistem tempat ia hidup.

Sistem Klasifikasi Komodo

Berbicara mengenai klasifikasi, berikut Klasifikasi Komodo selengkapnya:

Kingdom/Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata (Memiliki Penyongkong Tubuh Dalam)
Subfilum : Verterbata (Hewan Bertulang Belakang)
Kelas : Reptilia (Hewan Melata)
Ordo : Squamata (Memiliki Sisik)
Upaordo : Autarchoglossa
Familia : Varanidae
Genus : Varanus
Spesies : V. Komodoensis

Perlu diketahui bahwa bulan Mei serta Agustus menjadi musim kawin bagi Biawak Komodo. Sedangkap proses bertelur komodo terjadi pada bulan September. Di masa ini komodo janta menjadi sangat agresis dan rela bertempur untuk menjaga si betina dan juga teritorinya. Sengitnya pertempuran bisa saja menyebabkan kedua jantan muntah atau bahkan buang air besar.

Telur-telur komodo diletakan pada lubang di tebing bukit atau gundukan sarang burung gosong berkaki jingga yang telah ditinggalkan. Setiap sarang komodo rata-rata berisi 20 telur dan akan menetas setelah 7 ingga 8 bulan.

Demikian sedikit penjelasan terkait dengan Klasifikasi Komodo dan beberapa pengethauan tambahan tentang komodo si kadal terbesar di dunia dari Indonesia. Semoga bisa menjawab rasa ingin tahu kalian.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • klasifikasi hewan komodo mulai dari kingdom sampai spesies
  • klasifikasi hewan komodo dari kingdom sampai spesieh