Latar Belakang Lahirnya Pemerintahan Orde Baru Dimotori Oleh

Latar Belakang Lahirnya Pemerintahan Orde Baru

Ceritayuk.com, Latar Belakang Lahirnya Pemerintahan Orde Baru – Hai gan, kali ini kita membahas tentang Pemerintahan Ode Baru. Lahirnya era pemerintahan orde baru dilatar belakangi oleh runtuhnya orde  lama yang dipimpin presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Ada beberapa kejadian yang membuat orde lama bubar dan digantikan oleh Soeharto, seperti situasi keamanan dalam negeri yang kacau pasca peristiwa pemberontak G30S/PKI. Tidak hanya itu kejadian lain adalah jendral Soeharto dilantik sebagai presiden Indonesia kedua yang memulai tanda masa pemerintahan orde baru.

Latar Belakang Lahirnya Pemerintahan Orde Baru di awali dengan peristiwa G30S/PKI dimana terjadi penculikan dan pembunuhan terhadap enam jenderal senior Angkatan Darat oleh pasukan berseragam Cakrabirawa yang loyal terhadap PKI.

Enam jenderal yang gugur adalah Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R.Suprapto, Mayjen TNI M.T. Haryono, Mayjen TNI S. Parman, Brigjen TNI D.I. Panjaitan, dan Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo. Satu jenderal senior lain, Jenderal TNI A.H. Nasution yang merupakan sasaran utama, lolos dari pembunuhan tersebut. Namun ajudannya, Lettu CZI Pierre Tendean tewas ditempat.

Akibat peristiwa itu kondisi keamanan dalam negeri kacau TNI dan sebagian rakyat meminta agar PKI dibubarkan, dan terjadilah peristiwa Supersemar dimana Jendral Soeharto mendapatkan mandat dari Presiden Soekarno untuk mengamankan situasi dalam negeri.

Dengan adanya mandat tersebut Soeharto langsung membubarkan PKI dan melarang apapun yang berbau PKI. Ini awal Soeharto untuk menjadi pemimpin pemerintahan orde baru.

Rabu, 22 Februari 1967 Presiden Soekarno mengumumkan kesediaannya untuk menyerahkan kekuasaan eksekutif kepada Jenderal Soeharto selaku Pemegang Ketetapan MPRS No. IX/1966. Pengumuman tersebut disampaikan di hadapan anggota Kabinet Ampera pada jam 19.30 malam.

Dalam pengumuman tersebut, Presiden Soekarno menginginkan diakhiri­nya konflik secara konstitusional, demi keselamatan rakyat, bangsa dan negara. Dengan keputusan tersebut tinggal menunggu pelantikan Soeharto sebagai permulaan pemerintah orde baru.

Secara resmi pada tanggal 7 maret 1967 tersebut melalui sidang istimewa MPRS diputuskan mencabut mandat presiden Soekarno sebagai presiden dan menetapkan Soeharto  sebagai penggantinya. Lima hari berselang dilantiklah Jendral Soeharto sebagai presiden Republik Indonesia yang kedua sekaligus sebagai Latar Belakang Lahirnya Pemerintahan Orde Baru di Indonesia.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • kelahiran orde baru dimotori oleh
  • kelahiran orde
  • kelahiran orde bad
  • kelahiran orde baru di motori oleh
  • orde baru d mot
  • pemerintahan orba dimotori oleh