Latar Belakang Lahirnya Supersemar Secara Singkat

Jelaskan Latar Belakang Lahirnya Supersemar

Ceritayuk.com, Latar Belakang Lahirnya Supersemar Secara Singkat – Sejarah adalah hal tidak bisa dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya itu berlaku untuk negara kita sendiri Indonesia.Sejarah yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Latar Belakang Lahirnya Supersemar Secara Singkat.

Salah satu sejarah Indonesia yang sangat penting adalah lahirnya Supersemar (Surat Perintah Sebelas Maret) yang katanya ditanda tangani oleh presiden Soekarno untuk Soeharto yang saat itu menjabat salah satu panglima TNI yang bertujuan untuk mengatasi kericuhan yang terjadi akibat politik dan PKI.

Lahirnya Supersemar diawali tahun 1966, Untuk mengatasi politik yang bergejolak waktu itu, Soekarno mengadakan rapat kabinet pada tanggal 11 maret 1966.  Sidang ini ternyata diboikot oleh para demonstran yang tetap menuntut Presiden Soekarno agar membubarkan PKI, dengan melakukan pengempesan ban-ban mobil pada jalan-jalan yang menuju ke Istana.

Tidak lama setelah presiden mulai berpidato, beberapa perwira tinggi TNI menyarankan agar sidang dihentikan agar kondisi di luar istana tidak semakin memanas.

Akhirnya presiden dan beberapa menterinya diamankan dengan helikopter menuju istana Bogor. Pada waktu proses pengamanan presiden ke Bogor, 3 perwira tinggi TNI tadi mendapat pesan dari Soeharto yang seorang Menteri/Panglima Angkatan Darat bahwa menyediakan diri untuk membubarkan PKI asal mendapat kebebasan bertindak dari Presiden. Yang selanjutnya akan menjadi isi dari lahirnya Supersemar.

Sebelumnya lahirnya Supersemar terjadi perbedaan paham antara Soekarrno dan Soeharto yang merupakan jendral TNI. Hal itu terjadi setelah peristiwa G30S/PKI yang membuat sebagian rakyat dan TNI muak atas PKI, mereka menuntut agar PkI segera dibubarkan.

Di sisi lain, Presiden Soekarno yang lebih condong ke PKI tidak sependapat dengan golongan tersebut, dikarenakan jika Soekarno membubarkan partai komunis Indonesia itu bertentangan dengan doktrin NASAKOM yang sudah disampaikan Soekarno kepada seluruh dunia.

Dan setelah sampai di Bogor terjadilah rapat antara Soekarno dan 3 perwira tinggi TNI dan rapat tersebut membuat lahirnya Supersemar yang berisi mandat kepada Letjen. Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat dan Pangkopkamtib untuk memulihkan keadaan dan kewibawaan pemerintah. Dengan surat itu Soeharto membubarkan PKI dan berhasil menjadi presiden Indonesia.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • latar belakang lahirnya supersemar
  • ceritakan proses peristiwa yang melatarbelakangi lahirnya supersemar
  • jelaskan latar belakang keluarnya s
  • jelaskan latar belakang lahirnya su
  • lahirnya supersemar secara singkat
  • latar belakang lahirnya super semar
  • latar belakang lahirnya supersemar secara singkat
  • latar belakang munculnya supersemar