Macam Macam Energi Dan Contohnya

energi dan pengertiannya, energi dan contohnya, perubahan energi, bentuk bentuk energi,

Macam Macam Energi dan Contohnya – Kali ini kita akan membahas macam macam energi dan contohnya. Energi merupakan kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau usaha. Kata energi berasal dari bahasa Yunani yaitu egon yang berarti kerja. Satuan internasional untuk energi dinyatakan dalam Joule (J). Sedangkan satuan yang lainnya yaitu Kalori Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berbagai macam energi yang dapat kita gunakan. Diantaranya yaitu :

1. Energi Mekanik

Energi mekanik yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya. Energi mekanik dibagi menjadi dua yaitu energi potensial dan energi kinetik.

Secara matematis, hubungan antara energi mekanik, energi potensial dan energi kinetik dapat dirumuskan sebagai berikut :

Em = Ep + Ek

Dimana                  Em = energi mekanik

                               Ep = energi potensial

                               Ek = energi kinetik

a. Energi Potensial

Energi potensial yaitu energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya ( saat benda tersebut diam pada posisi tertentu) terhadap suatu acuan. Semua jenis energi dapat digolongkan sebagai energi potensial karena semua bentuk energi potensial dihubungkan dengan jenis gaya yang bekerja terhadap keadaan fisik suatu benda.

Sebagai contoh yaitu buah kelapa yang ada di ketinggian pohon memiliki energi potensial. Ketika buah kelapa tersebut jatuh ke tanah, semakin besar ukuran buah maka semakin besar pula enegi yang dimiliki.

Energi potensial dapat dirumuskan sebagai berikut :

Ep = m x g x h

Dimana             Ep = energi potensial (joule)

                         m = massa benda (kg)

                         g = gravitasi (m/s2)

                         h = ketinggian (m)

b. Energi Kinetik

Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki suatu benda karena pergerakannya. Energi kinetik dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan usaha agar bisa menggerakkan benda dengan massa tertentu hingga mencapai suatu kecepatan tertentu.

Semakin cepat benda bergerak  maka energinya semakin besar. Sebaliknya semakin rendah kecepatan geraknya maka energi semakin kecil.

2.   Energi Panas (Kalor)

Panas merupakan salah satu bentuk energi yang dapat mengakibatkan perubahan suhu maupun perubahan wujud zat. Energi panas yaitu energi yang terjadi karena pergerakan internal partikel penyusun dalam suatu benda.

Energi tersebut berpindah dari suatu partikel yang bersuhu tinggi ke partikel bersuhu lebih rendah. Contohnya ketika kita membakar kertas dengan nyala dari korek api, maka suhu dari api akan berpindah menuju kertas sehingga membuat kertas menjadi hangus.

3.   Energi Bunyi

Energi bunyi yaitu energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara di sekitar sumber bunyi. Semakin kuat getaran suatu benda maka akan semakin besar pula energi yang dihasilkan.

Contoh energi bunyi yaitu ketika kita memukul gendang, semakin keras kita memukul maka semakin besar pula getarannya sehingga bunyi yang dihasilkan juga semakin keras.

4.   Energi Kimia

Sumber energi yang ada di alam, seperti bahan bakar minyak dan gas alam mengandung energi kimia. Energi kimia merupakan energi yang dihasilkan karena adanya interaksi secara kimia dari reaksi kimia yang terjadi.

Contoh sumber energi kimia adalah bahan makanan yang kita makan. Energi kimia pada makanan timbul karena reaksi kimia yang berlangsung di dalam tubuh manusia. Sedangkan energi kimia pada bahan bakar minyak atau gas timbul karena adanya pembakaran.

5.   Energi Cahaya

Energi cahaya yaitu energi yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik. Contoh energi cahaya misalnya cahaya lampu, senter, dan lilin. Semakin jauh dari sumber cahaya maka semakin sedikit pengaruh cahaya tersebut terhadap penglihatan.

6.   Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan dari reaksi inti bahan radioaktif. Reaksi nuklir terjadi pada inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel-partikel lain dengan melepaskan energi panas.

Energi yang dihasilkan oleh reaksi nuklir sangat besar sehingga energi nuklir dapat digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik bahkan sebagai bahan peledak yang membahayakan manusia.

7.   Energi Listrik

Lampu yang sehari-hari kita gunakan dapat menyala karena adanya energi listrik. Energi listrik terjadi karena adanya muatan listrik yang bergerak dan menimbulkan arus listrik.

Energi listrik yang biasa kita gunakan berasal dari pembangkit listrik. Sedangkan untuk sumber energi listrik yang lebih kecil kita bisa menggunakan aki, baterai dan generator.

Dalam penggunaan bermacam-macam energi tersebut di atas berlaku Hukum Kekekalan Energi yang berbunyi : “Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan yang ada hanyalah perubahan dari satu bentuk ke bentuk tenaga yang lain.

Dengan demikian, penggunaan energi yang sifatnya tidak dapat diperbaharui seperti bahan bakar minyak dan energi listrik harus kita lakukan dengan bijaksana.

Facebook Comments