Manfaat Alga Bagi Kehidupan Manusia Dengan Contohnya

Peranan Alga Dalam Kehidupan Sehari Hari

Ceritayuk.com, Sebutkan Manfaat Alga Bagi Kehidupan Manusia Dengan Contohnya – Alga atau ganggang merupakan protista yang bertalus memiliki pigmen dan klorofil. Tubuhnya terdiri atas satu sel (uniseluler) dan ada pula yang banyak sel (multiseluler). Yang Uniseluler umumnya sebagai Fitoplankton sedang yang multiseluler dapat hidup sebagai Nekton, Bentos atau.

Habitat alga adalah air atau di tempat basah, sebagai Epifit atau sebagai Endofit, manfaat alga banyak loh.

Klasifikasi alga didasarkan pada morfologi sel-sel reproduksin, pigmen dalam plastida dari sel vegetatif, dan macam ,makanan cadangan .Semua alga mengandung klorofil tetapi ada pigmen lain yang ,menyusun yang terkandung dalam plastida.

Pada tahun 1983, ada dua orang peneliti yang mengklasifikasikan alga dalam tiga kelompok besar yaitu, Alga Hijau, Alga Coklat dan Alga Merah. Berikut penjelasan mengenai ketiga golongan alga tersebut.

Alga hijau merupakan golongani yang memiliki 4 jenis pigmen. Alga jenis ini mempunyai kemampuan melakukan fotosintesis.alga hijau dibedakan menjadi tiga yaitu Chlorella merupakan jenis alga hijau yang hanya memilki satu sel.

Selanjutnya Ulva merupakan jenis alga hijau berbetuk seperti lembaran, dapat dimakan langsung serta dapat dijumpai pada dasar pantai yang berbatu dan Spiroggyra merupakan jenis alga hijau yang memiliki bentuk seperti benang silindris. Penasaran dengan manfaat alga?

Setelah alga hijau masih ada alga coklat, alga ini mempunyai bentuk tubuh yang tinggi. Hingga sekarang telah ditemukan 1.500 jenis alga cokelat yang tersebar pada beberapa habitat baik di darat maupun di laut. Dan yang terakhir alga merah yang merupakan jenis alga yang memiliki habitat laut. Jenis alga inilah yang sering disebut sebagai rumput laut, karena bentuknya yang menyerupai rumput.

Manfaat alga bagi tubuh  sangat banyak disamping itu alga juga dimanfaatkan sebagai bahan kajian penelitian biologi, membantu penanggulangan limbah serta reklamasi tanah atau diartikan sebagai usaha memperluas tanah (pertanian) dengan memanfaatkan daerah yang semula tidak berguna (misal dengan cara menguruk daerah rawa-rawa).

Demikian penjelasan mengenai jenis dan manfaat alga. Semoga berkenan dan memperoleh manfaatnya buat kita bersama.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • manfaat alga bagi
  • manfaat alga bagi kehidupan