Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut UUD 1945

Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut

Ceritayuk.com, Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut UUD 1945 – Hallo sahabat ceritayuk, kali ini kita akan membahas Pengertian Demokrasi Terpimpin menurut beberapa sumber. Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi yang berdasarkan pada sila ke-4 Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Namun, pada kenyataannya Demokrasi Terpimpin tidak dilaksanakan secara konsekuen. Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin menyimpang dari arti sebenarnya, sebab yang menjadi pemimpin demokrasi bukan lagi Pancasila melainkan sang pemimpin sendiri (presiden). Demokrasi terpimpin sendiri berlaku saat Soekarno menjadi presiden.

Masa Demokrasi Terpimpin dimulai dengan berlakunya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 sampai berakhirnya kekuasaan Presiden Soekarno tahun 1966. Dengan dekrit ini otomastis kekuasaan atau keputusan negara sepenuhnya milik presiden Soekarno, dan dalam menjalankan demokrasi terpimpin ada bebberapa keputusan yang dibuat Soekarno yang sedikit menyimpang dari hakikat demokrasi itu sendiri.

Seperti Penetapan Presiden Nomor 2 Tahun 1959 presiden membentuk MPRS. Tindakan pada era demokrasi terpimpin tersebut bertentangan dengan UUD 1945. Berdasarkan UUD 1945 pengangkatan anggota MPRS sebagai lembaga tertinggi negara harus melalui pemilihan umum sehingga parrtai-partai yang terpilih oleh rakyat memiliki anggota-anggota yang duduk di MPR.

Ketua MPRS adalah Chairul Saleh, dengan tugas MPRS hanya terbatas pada menetapkan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Berdasarkan UUD 1945, kedudukan presiden berada di bawah MPR, namun pada kenyataanya MPRS tunduk kepada presiden.

Selanjutnya keputusan yang diambil ketika demokrasi terpimpin, dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hasil pemilu tahun 1955 dibubarkan pada tanggal 5 Maret 1960 karena DPR menolak RAPBN tahun 1960 yang diajukan pemerintah.

Presiden kemudian mengeluarkan penetapan presiden yang menyatakan bahwa DPR dibubarkan dan sebagai gantinya presiden membentuk Dewan Perwakilan Rakyat Gotong Royong (DPR GR). Karena bukan hasil pemilihan umum, semua anggota DPR GR ditentukan oleh presiden. Peratutan maupun tata tertib DPR GR ditentukan oleh presiden.

Dari dua contoh keputusan yang diambil presiden Soekarno tersebut diatas, sangat terlihat bahwa Soekarno saat itu memanfaatkan demokrasi terpimpin  yang dibuatnya untuk mempertahankan kedudukannya sebagai presiden RI. Namun karena hal itu juga lah akhirnya Soekarno akhirnya lengser dan mengakhiri masa demokrasi terpimpin.

Nah, Bagaimana penjelasan kali ini tentang Pengertian Demokrasi Terpimpin? Apakah cukup membantu tugas sekolah kalian? Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya. Terima kasih telah membaca artikel Pengertian Demokrasi Terpimpin.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • demokrasi terpimpin menurut uud 1945
  • pengertian demokrasi terpimpin menurut uud 1945
  • arti demokrasi terpimpin menurut UUD 1945 dan menurut ir soekarno
  • demokrasi terpimpin menurut uud1945
  • pengertian demokrasi teepimpin menurut uud 45
  • pengertian demokrasi terpimpin berdasarkan uud 1945