Penjelasan Sistem Ekskresi Ginjal

Sistem Ekskresi Pada Ginjal

Penjelasan Sistem Ekskresi Ginjal Sistem yang berjalan di tubuh ini saat sedang banyak dipelajari oleh banyak orang terutama dari ilmuwan biologi yang mempelajari dari sistem yang berada di dalam tubuh salah satunya adalah sistem yang  mengenai hal yang berkaitan dengan sistem ekskresi ginjal. Ginjal merupakan organ ekskresi yang utama dengan berjumlah sepasang dan terdapat dalam rongga perut di dekat tulang tulang pinggang.

Pada ekskresi ginjal ini berbentuk seperti kacang ercis dengan panjangnya lebih kurang 10 cm. Dalam ginjal ini berfungsi sebagai fungsi yang utama dalam menyaring darah sehingga menghasilkan urine dan di dalam urine tersebut zat / sisa yang berlebih yang ada di dalam tubuh harus di keluarkan dari dalam tubuh.

Dalam sistem ekskresi ginjal terdapat banyak zat yang berguna dalam tubuh dimana zat tersebut sudah berada dalam ginjal itu sendiri dan berikut adalah zat zat yang tersaring menggunakan ginjal ini atau biasa disebut dengan ekskresi ginjal ialah sebagai berikut :

Penjelasan Sistem Ekskresi Ginjal Lengkap

  • Protein protein asing yang ada dalam tubuh merupakan sebuah ekskresi yang ada dalam tubuh.
  • Zat zat hasil dari katabolisme tubuh sepert hal hal yang bersifat asam urat dan urea.
  • Terdapat bermacam macam garam.
  • Gula darah yang melebihi batas normal.

Selain itu dalam ginjal itu sendiri berfungsi sebagai organ yang homeostasis yang dapat diartikan bahwa organ yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan berlangsungnya proses fisiologi dalam tubuh, misalkan dengan cara mempertahankan tekanan osmosis yang ada dalam tubuh dengan cairan ekstra seluler dan juga mempertahankan keseimbangan asam dan basa.

Pada ginjal sendiri juga membantu dalam pembentukan urine karena darah yang ada dalam tubuh melalui sistem ekskresi ginjal ini darah tersebut akan membentuk urine maka dari itu jika kita mengalami gangguan pada ginjal kita maka peredaran darah tidak akan berfungsi dan pembentukan urine tidak akan sempurna.

Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan ginjal agar dalam peredaran darah kita selalu lancar karena saat ini ginjal yang terganggu sehingga dapat gagal ginjal. Demikian ulasan singkat mengenai Sistem Ekskresi Ginjal dari kami. Smeoga membantu belajar kalian.

Facebook Comments