Jelaskan Peran Mollusca Dalam Bidang Ekonomi

Peran Mollusca Dalam Bidang Ekonomi

Peran Mollusca Dalam Bidang Ekonomi – Membahas mengenai Peran Mollusca dalam kehidupan manusia memang sangat banyak sekali. Peran mollusca dapat dalam Bidang Ekonomi maupun bidang kesehatan. Disatu sisi mollusca juga memiliki peran yang dapat merugikan bagi kehidupan manusia. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah Peran Mollusca Pada Bidang Ekonomi.

Meski beberapa Mollusca seperti halnya siput atau keong dapat merugikan petani karena merusak tanaman, namun banyak Mollusca yang dapat dikonsumsi. Jenis Mollusca seperti cumi-cumi dan siput merupakan sumber protein hewani dengan kadar yang cukup tinggi.

Tidak hanya sebagai sumber makanan, mollusca juga memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Hal ini tentunya dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat yang mampu membudidayakan hewan-hewan jenis Mollusca.

Jelaskan Peran Mollusca Dalam Bidang Ekonomi Adalah

Bagaimana Mollusca dapat berperan dalam bidang ekonomi? Mollusca jenis Pinctada Margaritifera merupakan mollusca yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya Tiram Mutiara. Mutiara inilah yang mempunyai nilai jual tinggi untuk kemudian dijadikan perhiasan.

Sedangkan dari bahan dasar cangkang tiram batu, Nautilus dan juga Tiram Mutiara dapat pula dijadikan Hiasan dan Kancing. Karya seni inilah kemudian dapat kita jual untuk oleh-oleh khas atau cinderamata. Dari penjualan inilah nantinya dapat berperan dalam bidang ekonomi para pengrajin dan juga para pencari Mollusca.

Mollusca lain yaitu Tridacna juga memiliki nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan. Dari cangkangya dapat dijadikan sebagai bahan dasar atau bahan baku Teraso. Nah untuk Mollusca yang menjadi sumber protein tadi diantaranya Aemaea Sp, Anadara sp, Mytilus viridis, Tridacna sp, Sepia sp., Loligo sp., dan bekicot atau Achatina Fulica.

Demikian beberapa jawaban tentang Jelaskan Peran Mollusca Dalam Bidang Ekonomi yang dapat dimanfaatkan untuk ikut membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun meski demikian bukan berarti kita boleh menjualnya secara berlebihan. Keberlangsungan dan kelestarian mereka pun harus tetap dijaga dan diutamakan.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • jelaskan peran mollusca dalam bidang ekonomi