Proses Pembekuan Darah Secara Lengkap

Mekanisme dan Proses Pembekuan Darah

Proses Pembekuan Darah Secara Lengkap Pada beberapa kasus, pembekuan darah sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh manusia maupun makhluk hidup lainnya. Hal ini disebabkan karena jika terjadi lupa maka darang tidak terus menerus keluar melalui luka tersebut. Namun pembekuan darah pada bagian tertentu pun juga bisa membahayakan makhluk hidup.

Bagaimana Proses Pembekuan Darah? Pembekuan darah dimulai dari terjadinya luka. Pada saat terjadi suatu luka pada permukaan kulit hingga keluar darah, maka tromosit yang keluar bersama darah akan mengerumuni bagian yang terluka tersebut dan menggumpal untuk menyumbat dan menyembuhkan luka.

Berikut Proses Pembekuan Darah selengkapnya:

1. Saat Kulit mengalami luka akan menyebabkan darah keluar dari pembuluh. Sel darah yaitu Trombosit akan ikut keluar juga bersama darah. Kemudian ketika trombosit menyentuh permukaan-permukaan kasar, maka akan menyebabkan trombosit pecah. Trombosit akan mengeluarkan zat (enzim) yang disebut trombokinase.

2. Enzim Trombokinase yang keluar dari Trombosit akan masuk ke dalam plasma darah dan akan mengubah protrombin menjadi enzim aktif yang disebut trombin. Adanya perubahan ini dipengaruhi oleh ion kalsium (Ca²+) yang ada di dalam plasma darah. Protrombin adalah senyawa protein yang larut dalam darah yang mengandung globulin. Zat ini merupakan enzim yang belum aktif yang dibentuk oleh hati. Pembentukannya dibantu oleh vitamin K.

Proses Pembekuan Darah Secara Lengkap

3. Setelah terbentuk trombin, maka enzim ini akan mengubah firbrinogen menjadi benang-benang fibrin. Benang-benang fibrin yang terbentuk inilah yang akan menyebabkan luka menjadi tertutup sehingga darah tidak mengalir keluar lagi. Fibrinogen adalah sejenis protein yang larut dalam darah. Namun yang perlu kita ketahui adalah apabila fibrin ini beredar di dalam darah kita tanpa adanya luka, maka akan terjadi banyak penyumbatan darah yang bisa berakibat fatal dalam tubuh kita.

Persoalannya adalah ketika gumpalan darah (thrombus) terbentuk di pembuluh arteri, maka bisa menghambat aliran darah menuju otot jantung atau otak sehingga memicu serangan jantung atau stroke.

Kasus lain adalah ketika darah terlalu lama berada di dalam bilik jantung (terjadi pada kondisi jantung tertentu), gumpalan dapat terbentuk, dan bagian dari gumpalan darah tersebut akan terpompa melalui aliran darah serta menyumbat pada salah satu organ atau arteri, memotong suplai darah dari titik ini. Penyumbatan inilah yang sering disebut dengan embolus. Terima kasih sudah mendalami Proses Pembekuan Darah Secara Lengkap di web kami.

imagesource : slideshare.net/mytynene/mekanisme-pembekuan-darah-lp

Facebook Comments