in

Simak 5 Keuntungan Yang Kamu Dapat Jika Jadi PPPK

PPPK Tidak Kalah Bergengsi Dengan PNS Lho!

Keuntungan Menjadi Pegawai PPPK 2019 – Sejak ditetapkannya PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, menjadi sebuah harapan besar bagi warga negara Indonesia yang ingin mengabdi pada negara di luar jalur PNS. Namun perlu diketahui bahwa PPPK ini bukanlah bentuk lain dari tenaga honorer, jadi sebenarnya PPPK dan tenaga honorer adalah 2 hal yang sangat berbeda.

Tenaga honorer tidak otomatis bisa menjadi PPPK, akan tetapi selama masa transisi 5 tahun ke depan mereka dapat diprioritaskan untuk mengikuti seleksi PPPK apabila memenuhi persyaratan yang ditentukan. Ditetapkannya payung hukum PPPK ini, diharapkan dapat menjadi salah satu jalan keluar bagi penyelesaian tenaga honorer.

Nah, bagi kalian yang sudah bersiap diri untuk ikut dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), simak dulu 5 keuntungan yang akan kalian dapat jika nanti sudah menjadi PPPK. Berikut penjelasannya:

Rekruitmen PPPK
Rekruitmen PPPK (Image Source : Solopos.com)

1. Multi level entry

Tidak seperti PNS yang harus meniti karier dari jenjang jabatan terendah, PPPK dapat masuk melalui jenjang tertentu bahkan bisa langsung pada jenjang tertinggi pada jabatan yang dibutuhkan oleh organisasi sesuai kriteria jabatan yang ditentukan dalam PP Manajemen PPPK.

Hal ini dimungkinkan karena adanya skema multi level entry dalam seleksi PPPK.

2. Penghasilan yang didapat akan setara dengan PNS

Berbeda dengan honorer yang mendapat penghasilan kecil hingga ada yang di bawah UMR, PPPK akan mendapat penghasilan yang sama dengan PNS jika mengisi jabatan yang sama dengan PNS.

3. Mendapat fasilitas yang sama dengan PNS

Selain besarnya penghasilan yang diterima, PPPK juga akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan PNS, antara lain: tunjangan kematian dan tunjangan kecelakaan kerja. Selain itu, PPPK juga berhak mendapatkan penghargaan apabila dapat menunjukkan kinerja yang baik

4. Batas usia pelamaran lebih panjang

Apabila dalam seleksi CPNS batas usia pelamaran ditentukan paling tinggi adalah 35 tahun dan 40 tahun untuk jabatan-jabatan tertentu, PPPK dapat melamar suatu jabatan ASN dengan batas usia pelamaran hingga 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan yang dilamar.

5. Dapat dikontrak hingga batas usia pensiun jabatan

Kontrak kerja bagi PPPK adalah minimal 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan organisasi hingga batas usia pensiun jabatan, dengan mempertimbangkan evaluasi kinerja setiap tahunnya. Apabila kinerjanya dinilai baik maka kontrak kerja yang bersangkutan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Rekruitmen PPPK 2019

Rekruitmen PPPK Dibuka Khusus Untuk 3 Formasi Berikut!

Tiap Penduduk Indonesia Tanggung Utang Negara Rp 13 Juta

Wow! Tiap Penduduk Indonesia Tanggung Utang Negara Rp 13 Juta