Struktur Tubuh Ikan Dan Fungsi Masing-Masing

Bagian-Bagian Tubuh Ikan Dan Fungsinya

Struktur Tubuh Ikan Dan Fungsinya Selamat malam sahabat ceritayuk.com, dikesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Struktur Tubuh Ikan dan Fungsinya. Hampir seluruh penduduk di seluruh dunia menkonsumsi suberdaya alam ikan ini. Rata-rata mereka mengkonsumsinya sebagai lauk-pauk. Karena memang ikan memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia.

Ikan termasuk dalam jenis hewan vertebrata yang memiliki sifat berdarah dingin atau poikilotermis. Makhluk hidup yang tergantung pada medium air sebagai kelangsunan hidupnya ini memiliki ciri khusus pada tulang belakang, ingsang serta adanya sirip sebagai alat gerak.

Sirip pada ikan memiliki kegunanaan sebagai alat pergerakan dalam air dan sebagai alat keseimbangan. Dengan adanya sirip ini ikan tidak harus mengandalkan arus air atau untuk menghindari ikan selalu terbawa arus air.

Ada sekitar 50,000 jenis hewan yang termasuk dalam jenis vertebrata. Namun ikan adalah kelompok terbanyak yang memiliki jenis atau spesies terbesar yaitu sekitar 26,000 terdiri dari 483 famili dan 57 ordo.

Sekitar 58% atau 13,630 jenis ikan merupakan ikan yang tersebar di perairan laut dan 42% atau 9870 jenis dari keseluruhan jenis ikan.

Setelah kita membahas sedikit mengenai ikan, sekarang tiba saatnya kita membahas Struktur Tubuh Ikan dan Fungsinya.

Struktur Tubuh Ikan dan Fungsinya

Kita bisa mengenali bagian-bagian tubuh ikan ketika kita sedang mengkonsumsi Ikan. Bagian-bagian tubuh ikan yang nampak jelas adalah Sirip, tulang, ingsang dan lain-lain. Namun selain hal tersebut, ikan juga memiliki sistem pernapasan, pencernaan dan saluran pencernaan. Berikut bagian lain dari tubuh ikan dan fungsinya:

1. Alat Pernapasan Ikan

Alat pernafasan pada Ikan disebut Ingsang. Tidak hanya pada Ikan, ingsang terdapat pada banyak organisme air lainnya. Ingsang ini berfungsi untuk mengikat dan mengekstraks Oksigen yang ada pada air dan menghasilkan Karbon dioksida sebagai hasil dari proses pernafasan.

Pada beberapa ikan bertulang sejati seperti misalnya ikan mas, insang memiliki tutup pelindung yang biasa disebut operkulum.

Baca Juga : Proses Lengkap Pernafasan Pada Ikan

Selain sebagai alat ekstrak oksigen, Insang juga memiliki fungsi sebagai alat ekskresi garam, penyaring makanan, alat pertukaran ion, dan osmoregulator.

Letak Ingsang ikan ada pada sebelah kanan dan kiri kepala ikan, di dalam rongga insang. Pada setiap sisi kepala. Ingsang berbentuk lembaran dan terdapat 5 – 7 lembar insang. Setiap lembar insang dipisahkan oleh celah insang. Berikut ini adalah bagian-bagian insang:

a. Lengkung insang: berasal dari tulang rawan

b. Rigi-rigi insang: berfungsi sebagai penyaring air saat bernapas

c. Filamen atau lembar insang: berwarna merah muda (karena mengandung pembuluh kapiler darah), berbentuk seperti sisir. Filamen mengandung banyak lamela (lapisan tipis).

2. Alat Pencernaan Ikan

Sebelum membahas tentang alat pencernaan ikan, hal yang perlu kita tahu adalah bahwa saluran pencernaan pada ikan dimulai dari rongga mulut kemudian berakhir pada anus. Struktur dan fungsi saluran pencernaan pada ikan dapat dijelaskan sebagai berikut :
Saluran Pencernaan Ikan

a. Mulut,

Pada bagian rahang ikan terdapat deretan gigi-gigi kecil. Fungsi mulut pada ikan adalah sebagai alat untuk memasukkan makanan. Makanan oleh ikan tidak dikunyah atau dicerna seperti pada hewan bertulang belakang lainnya kecuali beberapa jenis ikan pemakan tumbuhan.

b. Pangkal tenggorokan (pharynx),

Pharynx merupakan lanjutan rongga mulut yang terdapat di daerah sekitar insang. Lapisan permukaan faring hampir sama dengan rongga mulut, Jika benda yang ditelan bukan makanan maka akan dibuang melalui insang

c. Kerongkongan (esophagus)

Kerongkongan pada Ikan sangat pendek dan merupakan lanjutan dari pharynx, berbentuk seperti kerucut dan terdapat di belakang daerah insang. Kerongkongan berbentuk seperti pipa, mengandung lendir untuk membantu penelanan makanan. Pada ikan laut esophagus berperan dalam penyerapan garam.

d. Lambung

Lambung sendiri merupakan lanjutan dari esophagus dan merupakan sebuah saluran memanjang yang agak membesar. Lambung berfungsi sebagai penampung makanan. Pada ikan yang tidak berlambung fungsi penampung makanan digantikan oleh usus depan yang dimodifikasi menjadi kantong yang membesar.

e. Pylorus

Pylorus berfungsi sebagai pengatur pengeluaran makanan, pada beberapa spesies tertentu, di bagian akhir ventrikulus terdapat tonjolan-tonjolan berbentuk kantong buntu yang disebut pylorus. Kantong buntu ini berguna untuk memperluas permukaan dinding ventrikulus agar pencernaan dan penyerapan makanan dapat berlangsung lebih sempurna.

f. Usus

Usus pada Ikan berbentuk seperti pipa panjang yang berkelok-kelok dan sama besarnya. Usus ini berakhir dan bermuara keluar pada lubang anus. Usus merupakan bagian terpanjang dari saluran penceraan. Pada bagian depan usus terdapat dua saluran yang masuk ke dalam yaitu saluran yang berasal dari kantung empedu dan yang berasal dari pankreas. Usus berfungsi sebagai penyerapan sari makanan.

g. Anus.

Anus merupakan ujung dari saluran pencernaan. Pada ikan bertulang sejati anus terletak di sebelah depan saluran genital. Anus berfungsi untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan.

“Bikin Facebookmu Rame Dengan CopyPaste Status FB Paling Viral 2017 “

Kelenjar Pencernaan

Ikan memiliki 3 kelenjar pencernaan, antara lain;

a. Hati

bentuknya besar, berwarna merah kecoklat-coklatan, letaknya di bagian depan rongga badan dan meluas mengelilingi usus. Fungsi hati menghasilkan empedu yang disimpan dalam kantung empedu untuk membanfu proses pencernaan lemak.

b. Kantong empedu

Bentuk kantong empedu akan menjadi bulat saat berisi penuh, berwarna kehijau-hijauan, terletak pada bagian depan dari hati, mempunyai saluran yang disebut ductus cysticus yang bermuara pada usus. Kantong empedu berfungsi untuk menampung dan menyimpan empedu dan mencurahkannya ke dalam usus bila diperlukan. Empedu berguna untuk mencernakan lemak.

c. Pankreas

Pankreas merupakan organ yang berukuran mikroskopik sehingga sukar dikenali, fungsi pankreas, antara lain menghasilkan enzim – enzim pencernaan dan hormon insulin.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • bagian luar tubuh ikan dan fungsinya
  • bagian tubuh ikan dan fungsinya
  • bagian bagian ikan beserta fungsinya
  • Jelaskan tubuh ikan bagian luar
  • fungsi bagian ikan
  • gambar bagian-bagian ikan dan nama serta fungsi
  • bagian bagian ikan dan fungsinya
  • anatomi ikan dan fungsinya
  • GAMBAR IKAN DAN FUNGSI NYA
  • sebutkan bagian-bagian dari morfologi ikan beserta fungsinya