in

Trending Kotak Suara Kardus KPU, Inilah Fakta Aturannya

Penggunaan Kotak Suara Kardus Menuai Kontro Versi

Kotak Suara Kardus KPU – Penggunaan bahan ‘kardus’ ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2018. Jenis ‘kardus’ dipilih, selain karena memenuhi syarat, lantaran harga yang lebih murah.

“Menghemat biaya penyimpanan, menghemat biaya produksi, distribusi, banyak penghematannya,” ucap Arief.

Berikut bunyi Pasal di PKPU Nomor 15 Tahun 2018 yang mengatur tentang Norma, Standar, Prosedur Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum:

Kotak Suara Kardus KPU Jadi Trending

Pasal 7
(1) Kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) terbuat dari bahan karton kedap air yang pada satu sisinya bersifat transparan.

(2) Kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) merupakan barang habis pakai.

3) Kotak suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berbentuk kotak yang kokoh pada setiap sisinya, dengan ukuran panjang 40 (empat puluh) sentimeter, lebar 40 (empat puluh) sentimeter, dan tinggi 60 (enam puluh) sentimeter.

(4) Kotak suara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berwarna putih.

(5) Ukuran dan bahan kotak suara yang digunakan dalam pemungutan suara bagi Warga Negara Republik Indonesia di luar negeri disesuaikan dengan kondisi setempat di luar negeri.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai bentuk, ukuran, dan spesifikasi teknis kotak suara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan KPU.

Jadi, jika penggunaan Kotak Suara Kardus yang dilakukan KPU sebenarnya sah-sah saja jika memenuhi standart yang diatur dalam pasal-pasal tersebut

Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi dan Instagramable

Maia Estianty Angkat Bicara Soal Kehamilannya, Rupanya Semua Diluar Dugaan

Maia Estianty Angkat Bicara Soal Kehamilannya, Rupanya Semua Diluar Dugaan