in

Wisata Seru Pantai Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Goa Cemara Bantul Yogyakarta

Goa Cemara Bantul Jogja
Goa Cemara Bantul Jogja

Yogyakarta selalu menyuguhkan wisata – wisata alam yang indah dan terutama wisata pantainya yang terkenal mempesona. Selain Gunung Kidul dan Kulon Progo kali ini di Bantul, Yogyakarta menawarkan destinasi wisata pantai yang mempesona yakni Pantai Goa Cemara.

Kalian tak harus ke perut bumi untuk merasakan sensasi berada di rogga goa, di Pantai Goa Cemara ini pun kalian bisa. Bedanya dari goa – goa yang lain yaitu atap dan dinding goa bukanlah dari bebatuan karst, melainkan ranting dan daun cemara yang berdiri rapat dan saling terkait dan membentuk lorong – lorong yang indah. Adanya lorong cemara ini yang menjadikan alasan mengapa pantai di Jogja satu ini diberi nama Pantai Goa Cemara. Unik bukan ?

Angin yang menerobos di sela – sela pohon cemara udang setinggi 7- 12 meter dengan jarak tiap pohon sekitar 6 – 10 meter menciptakan suasana yang sejuk. Layaknya berada di sebuah long goa, ranting–ranting pohon cemara yang membentuk lorong mengantarkan pandangan mata pada bibir pantai. Silau pantulan sinar mentari di permukaan air laut dan tergulung ombak menyambut kalian di ujung deretan cemara.

Wisata Seru Pantai Goa Cemara Bantul

Yogyakarta

Hamparan hutan cemara yang ada di pantai ini tidaklah tumbuh begitu saja. Melainkan sejak awal pohon cemara ini memang sengaja dibudidayakan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dengan warga sekitar. Penanaman pohon cemara ini bertujuan untuk menahan tiupan angin laut yang mengandung asam. Sebab apabila tingkat keasaman yang tinggi akan dapat merusak sistem perakaran, sehingga pertumbuhan tanaman para petani di daerah tersebut menjadi terhambat. Pembudidayaan pohon cemara ini sebagai pendukung Program Pengembangan Areal Tanam (PAT) Kabupaten Bantul tentang pemanfaatan lahan di pesisir pantai selatan.

Setelah bertahun – tahun, pohon – pohon cemara tersebut tumbuh besar dan rimbun. Ranting dan dedaunan yang saling terkait menciptakan lorong-lorong rahasia. Keunikan tersebut menciptakan pesona keindahan tersendiri dan menjadi salah satu daya pikat pengunjung. Sehingga banyak orang yang datang untuk menikmati keasrian Goa Cemara tersebut. Selain hanya sekedar menikmati keindahannya saja banyak juga para penggiat fotografi yang menjadikan lorong rahasia ini sebagai spot faforit mereka. Komposisi garis dan sinar mentari yang menerobos jatuh di wajah menciptakan nuansa kedalaman gambar. Gelap terang cahaya yang tercipta akan menjadikan hasil jepretan semakin menarik.

Goa Cemara Bantul Jogja
Marcusuar  Goa Cemara Bantul Jogja

Selain adanya deretan pohon cemara tersebut di pantai ini juga terdapat sebuah Marcusuar loh, yang memiliki ketinggian hingga 40 meter. Untuk bisa naik ke atas Marcusuar, pengunjung hanya dibatasin 2 orang sekali naik, dan cukup banyak pengunjung yang berminat menaiki Marcusuar jadi jika kalian beminat juga untuk naik ke Marcusuar ini mohon bersabar untuk mengantri. Dari atas Marcusuar ini kalian bakal disuguhkan pemandangan laut lepas, gunung, perbukitan , pekebunan buah naga, kolam – kolam budidaya udang, serta pohon – pohon cemara yang indah banget. Sehingga cocok dijadikan tempat favotit kalian untuk berfoto selfie.

Di musim hujan , deretan pohon cemara tersebut akan menjadi lebat, sehingga menambah area pantai semakin hijau dan asri. Perpaduan antara pohon cemara dan pantai akan nampak terlihat lebih mempesona.

Pantai Goa Cemara ini masih satu garis dengan Pantai parangtritis dan merupakan tempat yang menarik untuk menikmati sore dengan pasangan. Pantai ini juga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sini kalian bisa mengadakan picnic party. Kalian bisa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, lantas menggelar tikar dibawah rimbun dedaunan sembari berfoto dengan latar belakang lorong cemara. Pas buat kalian yang ingin wisata romantis bersama orang – orang terkasih.

Di Pantai Goa Cemara ini kalian juga bisa berwisata kuliner tradisional. Banyak aneka produk lokal yang dihasilkan dan dijual oleh warga sekitar, seperti: aneka ikan dan olahannya, rempeyek udang, tempe bacem, gudheg, tongseng, ada juga es krim herbal yang terbuat dari tumbuhan. Semuanya tertata cukup rapi di kios dan bedak maupun para pedagang kaki lima dalam suasana tradisional.

Goa Cemara Bantul Jogja
Pantai Goa Cemara Bantul Jogja

Yang paling penting nih, apabila berwisata di Pantai Goa Cemara ini kalian juga tetap harus berhati – hati, pasalnya pantai ini tidak terlalu landai dan memiliki gelombang besar yang bisa mencapai titik tepi pantai. Sehingga di pantai ini terdapat larangan keras untuk mandi. Bahkan, ketika ada yang bermain pasir di bibir pantai pun langsung ditegur dan disuruh minggir oleh petugas. Demikian juga rambu-rambu larangan amat jelas dipasang.

Meninggalkan area pantai,ke arah barat dari kios – kios makanan. Puluhan Solar Panel berjajar di belakang gardu Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Dibuatnya panel ini berfungsi untuk memusatkan energi surya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Ini sebagai langkah untuk mengurangi dampak emisi beberapa pembangkit listrik perbahan fosil.

Selain menjadi tempat wisata yang mempesona, Pantai Goa Cemara juga menjadi Kawasan Konservasi Taman Penyu Laut  yang dikelola langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dengan memberdayakan masyarakat setempat untuk terlibat dalam pengawasan agar tetap lestari.

Beberapa Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Goa Cemara Yogyakarta

  • Photo Session

Berkembangnya komunitas fotografi di instragram menjadikan kebanyakan orang memburu lokasi unik untuk diabadikan dalam sebuah gambar. Begitu halnya dengan Pantai Goa Cemara yang ditumbuhi pohon cemara. Lorong-lorong gua yang tercipta dari ranting-ranting cemara menjadi destinasi utama untuk diabadikan.Tidak jarang terlihat beberapa pasangan membuat foto prewedding di lokasi ini. Kalian pun bisa membuat foto levitasi dengan berpose seakan terbang menembus lorong waktu. Pantai Goa Cemara memang cocok untuk kalian yang hobby memotret.

  • Hammocking

Jika ingin bersantai menikmati suasana pantai dan semilir angin, kalian bisa membawa hammock dari rumah. Duduk santai berayun di bawah pohon cemara sambil makan cemilan, membaca buku atau bersenda – gurau dengan sahabat akan menghilangkan penat kalian yang aktivitas setiap harinya berkerja. By the way, duduk di hammock berdua dengan sembari menikmati senja nan jingga itu sangat romantis lho. Berminat mencoba?

  • Susur pantai

Di Pantai Goa Cemara ini pasirnya terhampar luas dan sangat panjang. Di kawasan ini juga tidak memiliki bukit pembatas dan biasanya hanyalah semak dan perdu. Jika kalian ingin menyusuri pantai, kalian bisa berjalan menyusuri bibir Pantai Gua Cemara menuju Pantai Kuwatu, dan Pantai Baru. Bahkan jika ingin lebih jauh lagi kalian  juga bisa berjalan ke arah Pantai Depok, Pantai Parangkusumo, hingga Pantai Parangtritis. Sepanjang perjalanan kalian akan menjumpai kapal – kapal nelayan yang bersandar.

  • Mengendarai ATV

Goa Cemara Bantul Jogja
Fasilitas ATV Goa Cemara Bantul Jogja

Jika kalian ingin menyusuri pantai dengan suasana berbeda di Pantai Goa Cemara ini, kalian bisa menyusuri pantai dengan mengendari ATV. Kalian bisa menyewa Atv yang telah disediakan pengelola pantai. Dengan kendaraan satu ini kalian bisa menguji adrenalin sembari menahklukkan gundukan – gundukan pasir hingga menyentuh bibir pantai.

  • Sunset seeing

Goa Cemara Bantul Jogja
Goa Cemara Bantul Jogja

Pantai merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam di ufuk barat. Menikmati senja di pantai bersama pasangan akan menjadi momen romantis yang tidak akan pernah terlupakan. Warna langit yang merona jingga menciptakan suasana syahdu dan romantis. Di Pantai Goa Cemara ini , kalian bisa memanfaatkan batang pohon cemara sebagai alas duduk atau bisa juga dengan memasang hammock. Namun jika kalian ingin lebih menyatu dengan pantai, kamu bisa duduk di atas pasir dan memandangi mentari yang perlahan turun ke peraduan.

 

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara terletak di Dusun Patehan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teeletak 30 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Yogyakarta. Rute menuju pantai ini yakni, jika berangkat dari Yogyakarta, ambilah rute menuju Kabupaten Bantul. Sampai di pusat kota Bantul, kalian lurus terus ke arah selatan sampai menemukan pos retribusi dari Pantai Samas. Pantai Goa Cemara ini berada 2 kilometer ke arah barat Pantai Samas.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Tidak perlu khawatir masalah tiket masuk wisata Pantai Goa Cemara ini karena cukup terjangkau. Kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 5.000 per orang. Cukup murah kan ?

Demikian sedikit ulasan destinasi wisata Pantai Goa Cemara, semoga bermanfaat.

 

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sirih

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Sirih

11 Wisata Romantis Kota Pacitan

11 Tempat Wisata Romantis Kota Pacitan yang Wajib Dikunjungi